Halloween Costume ideas 2015

Apa Aja Sih itu Prinsip-Prinsip Organisasi ???





Hello sob.....
Kali ini kami akan memposting tentang prinsip-prinsip organisasi.

          Sebelum memulai pada prinsip-prinsip organisasi, kita bahas dulu ni masalah...
                                        
                                Apa itu Organisasi????

          Secara etimologis , kata "Organisasi" berasal dari kata Yunani yaitu "Organon" atau dalam bahasa latinnya "Organum" yang bisa diartikan alat, bagian atau anggota badan (*kokk jadi biologi nih... wkwkwkwkwk). Organisasi adalah wadah atau tempat berkumpulnya individu-individu yang memiliki tujuan yang ditetapkan bersama. Wadah atau tempat ini bukan berarti ruangan, kantor ataupun sejenisnya, ya Sob... , melainkan bentuk yang sering disebut dengan perserikatan dan perkumpulan. Sesuai dengan sifatnya, kata organisasi berkaitan dengan "hidu" atau organism. 

           Maka, sebuah Organisasi yang telah dibentuk harus hidup berkembang menuju arah atau tujuan yang ditetapkan bersama.


Mari Kita bahas Prinsip-Prinsip apa saja yang harus diperhatikan saat berorganisasi, Cek KiDoot..!!!

  a.   Perumusan Tujuan yang jelas. Tujuan dan arah merupakan hal yang sangatt penting dalam pembentukan suatu organisasi, sob.  Yaa.... karena dari tujuan ini akan terlihat hasil yang akan dicapai baik itu secara fisik maupun non fisik. Kalau ngaak ada tujuan, sama kayak semut kehilangan antena (*bukan antena tv) nggak  jelas larinya mau kemana hhaa... kasian nasib semuttt :(

 b.   Pembagian Kerja. Dalam pembentukan organisasi harus jelas juga pembagian kerjanya setiap masing-masing unit yang ada, biar nggak  tumpang tindih (tabrakan maksudnya) aktivitas yang akan dikerjakan dan supaya meminimalisir hambatan untuk mencapai tujuan.

  c.  Delegasi kekuasaan (*sumber memakai bahasa tingkat tinggi :D). Yaaa.. maksudnya jika pembagian kerjanya jelas, ntarr bakal keliatan garis komando dan delegasi kekuasaaan (wewenang) dari masing-masing unit kerja.

 d.  Rentang kekuasaan. Ini maksudnya penjabaran lebih dari pendelegasian kekuasaan. Parameter dan tolak ukur harus menjadi bagian dari rentang kekuasaan juga, biar nggak timbul sifat-sifat diktatoris kekuasaan atau kesewenangan kekuasaan itu, sob..


e. Tingkat pengawasan. Penggambaran tingkat pengawasan harus jelas antar tiap sub (unit) bawahannya. Biar tauu lahh dan tercipta juga batasan apa yang menjadi hak dan kewajiban baik itu atasan maupun bawahan.

f.. Kesatuan perintah dan Tanggung Jawab. Hal ini akan terlihat bila gambar struktur organisasi dipahami dan jelass alurnyaa. Begitu juga dengan tanggung jawab dari orang yang memberi delegasi akan nampak.

g. Koordinasi. Ini harus terlihat dengan jelas dalam penyusunan suatu organisasi. Koordinasi dari masing-masing divisi yang ada akan tercipta jika divisi yang ada saling menjaga hubungan dan komunikasi antar divisi. Dengan demikian tujuan organisasi itu akan semakin cepat tercapai.


         Demikian yang dapat kami sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, akhir kata kami ucapkan Thank you dahhh mauu bacaa... Sekian ya sob... semoga bermanfaat dan sebagai bahan bacaan untuk menambah ilmu... 

"Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun". - Voltaire





Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget